Jumat, 16 Maret 2012

China lebih pilih Samsung daripada Apple


Bagaimana sepak terjang Apple di China? Tampaknya perusahaan Cupertino ini mendapatkan pesaing yang tangguh di negara tersebut. Dengan jumlah pengguna mobile di atas 1 miliar di China tahun ini, Apple iPhone ternyata harus takluk oleh Samsung

Menurut data dari Gartner, saat ini Samsung memiliki 24,3% pasar China untuk smartphone mereka, sementara Apple hanya mendapat jatah 7,5% diantara pemilik smartphone di China. Wow.. angka yang terpaut cukup jauh. Jika Anda masih ingat Apple juga dikalahkan oleh Android di Britania Raya.

Ingin tahu alasan mengapa Apple bisa dikalahkan oleh Samsung di pasar smartphone China? Well.. jawabannya adalah, Samsung saat ini memiliki kesepakatan dengan 3 operator China, yaitu China Unicom, China Telecom dan China Mobile. Sementara Apple hanya memiliki 2. Dan yang harus diperhatikan, kesepakatan yang terakhir ini adalah yang terpenting, mengingat China Mobile merupakan operator terbesar di China yang memiliki sekitar 655 juta pelanggan.

Strategi bersekutu dengan ketiga operator di Cina, terutama China Mobile ini adalah kunci untuk masuk ke pasar ponsel-ponsel China. Meskipun Apple telah bersedia untuk menggandeng China Unicom dan China Telecom, namun operator terbesar di China adalah China Mobile.

Fakta bahwa Apple tidak memiliki kemitraan dengan China Mobile mungkin sungguh disayangkan. Alasan Apple sejauh ini belum bisa mendapatkan iPhone untuk China Mobile karena operator tersebut menggunakan brand teknologi 3G sendiri yang disebut TD-SCDMA, dan Apple sampai saat ini telah menolak keras pembuatan iPhone dengan perangkat keras yang dapat berjalan di jaringan 3G China Mobile.

Saat ini, pengguna ponsel China bisa mendapatkan Samsung Galaxy S II atau Galaxy Note dari ketiga operator seluler besar di negara tersebut. Sebagai contoh, Galaxy Note tersedia dalam 3 standar 3G yang berbeda, dengan China Telecom yang menawarkan perangkat CDMA2000, China Mobile menyediakan model TD-SCDMA dan China Unicom memasarkan versi WCDMA. Jadi, pengguna memiliki pilihan yang mendukung baik CDMA maupun jaringan GSM. Samsung memang tampaknya mengalahkan iPhone di Cina, tapi hal ini bisa berubah ketika China Mobile mendapatkan TD-LTE mereka yang siap untuk iPhone generasi berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

Gabung dan dapatkan berita terbaru di Info Phone

Daftar isi

 
© 2011 Info Phone | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog