Sabtu, 24 Maret 2012

Windows 8 HiDPI Display

Windows 8 Dilengkapi Dengan Dukungan Untuk HiDPI Display
Sehubungan dengan tingginya antusiasme untuk Retina Display pada iPad terbaru, Microsoft akhirnya memposting sebuah penjelasan teknis pada blog ‘Building Windows 8’ tentang bagaimana mereka telah menyiapkan dukungan untuk HiDPI display pada OS terbaru mereka.

Sebagai permulaan, Microsoft menggaris bawahi tentang 3 kelompok resolusi display terlebih dahulu yaitu: standar, HD dan quad-XGA. Microsoft mengatakan bahwa menyediakan dukungan untuk ketiga kelompok tampilan resolusi tersebut akan membantu untuk memastikan bahwa elemen-elemen UI akan tampil secara proporsional, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk disentuh.





Untuk kasus tampilan resolusi standar (1366x768), tombol serta teks akan ditampilkan tanpa penyesuaian skala secara otomatis. Untuk tampilan HD (1920x1080), tombol serta teks akan dibesarkan dengan skala 140 persen, sedangkan untuk quad-XGA displays (2560x1440) akan dibesarkan dengan skala 180 persen. Windows 8 memang tidak disertai dengan fitur resolution independence (seperti pada Retina Display) yang mampu menyesuaikan besar ukuran dari ikon-ikon atau teks pada layar dengan tingkatan resolusi apapun secara otomatis.





Microsoft telah mengindikasikan bahwa resolusi minimal untuk tampilan di Windows 8 adalah 1024x768 karena Metro UI masih bekerja dengan baik pada tingkat kepadatan pixel serta resolusi ini, terlebih lagi pada saat ini hanya terdapat sekitar 1,2 persen dari pengguna Windows 7 yang masih menggunakan tingkat resolusi tersebut.

Untuk membantu para developer, Microsoft juga telah memberikan dukungan untuk file jenis SVG sebagai sebuah aset pengembangan yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan skala dari aplikasi buatan mereka dengan mudah, dimana mereka bisa menggunakan beberapa file atau bitmap image dengan resolusi tinggi secara sekaligus. Ketika tablet Windows 8 telah siap dikirimkan pada akhir tahun ini, resolusi yang lebih baik serta kerapatan pixel yang lebih tinggi telah akan menjadi sesuatu yang umum di masyarakat, dan hal ini jelas membuat dukungan semacam ini sebagai sesuatu yang mutlak untuk dihadirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

Daftar isi

 
© 2011 Info Phone | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog