Selasa, 27 Maret 2012

facebook Larang Berbagi Password

 

Privacy di Facebook memang sangat penting. Mengingat Facebook seringkali dipakai sebagai referensi untuk melihat latar belakang seseorang, Facebook memperingatkan para pemilik perusahaan untuk tidak meminta password pada para pelamar kerja di perusahaan mereka. Tak hanya memperingatkan, Facebook juga mengancam akan menempuh jalur hukum jika larangan berbagi password itu tetap dilanggar oleh para pemilik perusahaan.

Temuan tentang permintaan password dari sejumlah perusahaan terkuak ketika Associated Press pada beberapa waktu lalu melaporkan adanya para pencari kerja yang saat interview dimintai password Facebook. Si pemilik perusahaan berdalih dengan mengetahui password Facebook si pelamar kerja maka mereka bisa mengecek latar belakangnya.

Menanggapi pemberitaan itu kepala Facebook divisi privacy, Erin Egan, mengemukakan bahwa jika seorang pemilik perusahaan dengan password yang ia dapat lalu bisa mengetahui bahwa si pencari kerja adalah anggota dari grup sosial tertentu, maka si pemilik perusahaan bisa dituntut secara hukum jika memutuskan tidak mempekerjakan si pelamar.
           
“Sebagai seorang user, Anda tidak bisa dipaksa untuk berbagi informasi pribadi hanya untuk bisa diterima sebagai karyawan. Dan sebagai kawan dari seorang user, Anda tidak perlu khawatir bahwa informasi pribadi Anda akan disebarkan ke orang asing yang tidak Anda kenal dan Anda tidak boleh membagi informasi tersebut karena teman Anda tengah mencari kerja.”

Tidak berbagi password adalah hal dasar yang harus dipegang setiap orang dalam berkegiatan online. Selain merupakan privacy, Facebook melihatnya sebagai hal yang memiliki resiko keamanan.

Hal semacam ini barangkali belum diketahui terjadi di Indonesia. Tapi jika kebetulan Anda tengah menjalani wawancara kerja dan diminta password Facebook, atau password akun apapun yang Anda punya, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

Daftar isi

 
© 2011 Info Phone | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog